Sistem Ekonomi Di Masa Parlementer

1.      Dalam pelaksanaan sistem ekonomi di masa parlementer, program ekonomi manakah yang dianggap paling berpengaruh dalam sistem ekonomi saat itu? Jelaskan alasannya sejelas-jelasnya!
Program Benteng memberikan pengaruh yang besar bagi perekonomian Nasional pada masa Parlementer, karena semuanya berawal dari pendapat Soemitro Djojohadikusumo yang berpendapat bahwa pembangunan ekonomi Indonesia pada hakekatnya adalah pembangunan ekonomi baru dan pembangunan ekonomi nasional membutuhkan dukungan dari kelas eklonomi menengah pribumi yang kuat. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus menumbuhkan kelas pengusaha pribumi yang pada umumnya bermodal lemah dengan bimbingan konkret dan pemberian kredit pemerintah. Jika hal tersebut berhasil, pengusaha pribumi dapat berkembang maju dan dapat mengubah struktur ekonomi kolonial di bidang perdagangan. Gagasan Soemitro yang dituangkan dalam program Kabinet Natsir dalam wujud pencanangan Rencana Urgensi Perekonomian (RUP) yang sering disebut Plan Soemitro. Wujud dari RUP tersebut kemudian dicanangkan Program Banteng.
Tujuan Program Banteng:
1.      Mencadangkan impor barang-barang tertentu bagi kelompok bisnis pribumi.
2.      Membuka kesempatan bagi para pedagang pribumi membangun basis modal di bawah perlindungan pemerintah.
3.      Menumbuhkan kaum pengusaha pribumi agar mampu bersaing dalam usaha dengan para pengusaha keturunan Cina dan asing lainnya.

Upaya yang dilakukan pemerintah yaitu memberi peluang usaha sebesar-besarnya bagi pengusaha pribumi dengan batuan kredit.

sumber: http://anwarkohley.blogspot.co.id/2010/07/sejarah.html

0 komentar:

Posting Komentar